Home
Tracer Alumni

Kuisioner Tracer Study Akademi Kebidanan Budi Mulia

PETUNJUK UMUM

  1. Kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur tingkat kepuasan alumni terhadap pelayanan akademik di AKBID BUDI MULIA JAMBI.
  2. Saudara dimohon untuk mengisi seluruh instrumen ini sesuai dengan pengalaman, pengetahuan, persepsi, dan keadaan yang sebenarnya.
  3. Partisipasi Saudara untuk mengisi instrumen ini secara objektif sangat besar artinya bagi AKBMJ untuk mendapatkan masukan yang akurat dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan akademik kedepan.
  4. Jawaban Saudara akan dijamin kerahasiaan dan tidak memiliki dampak negatif bagi siapapun.
  5. Instrumen ini terdiri dari seperangkat pertanyaan atau pernyataan untuk mengukur:
    (1) Sarana pendidikan - Alat Perkuliahan, Media Pengajaran dan Prasarana Pendidikan
    (2) kehandalan dosen, staf Akademik
    (3) Sikap tanggap
    (4) perlakuan pada mahasiswa
    (5) Pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa.
  6. Pilihlah salah satu dari alternatif yang disediakan dengan cara menyilang pada kolom yang tersedia
  7. Ada empat alternatif jawaban yang dapat saudara pilih, yaitu:
    1 = Sangat tidak setuju
    2 = Tidak setuju
    3 = Setuju
    4 = Sangat setuju

KUISIONER

1.   Aspek tangibles (Sarana pendidikan - Alat Perkuliahan, Media Pengajaran dan Prasarana Pendidikan)

No Pertanyaan 1 2 3 4
1. Ruang kuliah yang bersih, nyaman dan rapi
2. AKBMJ menyediakan sarana pembelajaran yang memadai diruang kuliah
3. AKBMJ mempunyai perpustakaan yang memadai
4. AKBMJ mempunyai laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan
5. AKBMJ menyediakan buku referensi yang memadai di perpustakaan
6. AKBMJ menyediakan fasilitas kamar kecil yang bersih
7. AKBMJ mempunyai fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa

2.   Aspek Reliability (kehandalan dosen, staf Akademik)

No Pertanyaan 1 2 3 4
1. Dosen selalu mengulang materi perkuliahan sampai semua mahasiswa merasa jelas
2. Dosen mengalokasikan waktu untuk diskusi dan tanya jawab
3. Dosen memberi bahan ajar (suplemen) untuk melengkapi materi yang diberikan di AKBMJ
4. Dosen selalu membagikan hasil ulangan dengan nilai yang obyektif
5. Dosen selalu datang tepat waktu
6. Jumlah dosen memadai (sesuai dengan bidang dan jumlahnya)
7. Dosen selalu membuat Satuan Acara Perkuliahan
8. Staf Akademik mempunyai kemampuan untuk melayani kepentingan mahasiswa

3.   Aspek Responsiveness (Sikap tanggap)

No Pertanyaan 1 2 3 4
1. AKBMJ menyediakan dosen Bimbingan Konseling bagi mahasiswa
2. Pelaksanaan ujian, ulangan yang tepat waktu
3. Pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
4. AKBMJ menyediakan bantuan (keringanan) bagi mahasiswa tidak mampu
5. AKBMJ selalu membantu mahasiswa apabila menghadapi masalah akademik
6. AKBMJ menyediakan waktu khusus untuk orang tua mahasiswa untuk konsultasi.

4.   Aspek Assurance (perlakuan pada mahasiswa)

No Pertanyaan 1 2 3 4
1. Staf Akademik santun dalam melakukan pelayanan akademik
2. Permasalahan/keluhan mahasiswa selalu ditangani oleh AKBMJ melalui pemimbing akademik (PA)
3. Setiap pekerjaan/tugas selalu dikembalikan pada mahasiswa
4. Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran
5. Adanya sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku untuk semua mahasiswa tanpa terkecuali

5.   Aspek Empathy (Pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa)

No Pertanyaan 1 2 3 4
1. AKBMJ selalu berusaha memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa
2. Besarnya kontribusi biaya (sumbangan pengembangan lembaga) dibicarakan dengan orang tua wali mahasiswa
3. Besarnya kontribusi biaya (sumbangan pengembangan lembaga) dibicarakan dengan orang tua wali mahasiswa
4. Dosen bersedia membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan studi
5. Dosen bersikap bersahabat kepada mahasiswa
6. AKBMJ berusaha memahami minat dan bakat mahasiswa dan berusaha untuk mengembangkannya

SARAN - SARAN